-->

Monday, July 27, 2015

Tabel Jadwal Ahli Waris


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu
عن ابي هريرة رضي الله عنه انه قال : ان رسول الله صلي الله عليه وسلم تعلموا الفرائض فانها من دينكم وانها نصف العلم وانه أول علم ينزع من امتي (أخرجه الحاكم وابن ماجه).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “pelajarilah oleh kalian ilmu faraidh, karena sesungguhnya ilmu faraidh itu sebagian dari agama kalian dan setengah dari seluruh ilmu. Dan sesungguhnya ilmu faraidh itu ilmu yang mula-mula akan di cabut dari umatku”.

خْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا عَاصِمٌ عَنْ مُوَرِّقٍ الْعِجْلِيِّ قَالَ قَالَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ تَعَلَّمُوا الْفَرَائِضَ وَاللَّحْنَ وَالسُّنَنَ كَمَا تَعَلَّمُونَ الْقُرْآنَ

Pelajarilah faraidl, bahasa Arab & sunnah sebagaimana kalian mempelajari Al Qur`an. [HR. Darimi No.2726]

Hadits ini menempatkan perintah mempelajari dan mengajarkan ilmu faraidh sejalan dengan perintah mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Ini tidak lain menunjukkan bahwa ilmu faraidh merupakan cabang ilmu yang cukup penting dalam rangka mewujudkan keadilan dalam masyarakat. Lagipula tidak jarang naluriah menusia cenderung materialistik, serakah, tidak adil, dan mengorbankan kepentingan orang lain demi memenangkan hak-haknya sendiri. Maka disinilah letak pentingnya kegunaan ilmu mawaris, hingga wajib dipelajari dan diajarkan. Agar di dalam pembagian warisan, setiap orang mentaati ketentuan yang telah diatur dalam al-Qur’an secara detail
Hadis tersebut juga menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, memerintahkan kepada umat Islam untuk mempelajari dan mengajarkan ilmu faraidh, agar tidak terjadi perselisihan-perselisihan dalam pembagian harta peninggalan, disebabkan ketiadaan ulama faraidh. Perintah tersebut mengandung perintah wajib. Kewajiban mempelajari dan mengajarkan ilmu itu gugur apabila ada sebagian orang yang telah melaksanakannya. Jika tidak ada seorang pun yang melaksanakannya, maka seluruh umat Islam menanggung dosa, disebabkan melalaikan suatu kewajiban.

Tabel berikut untuk mempermudah belajar faraidh, khususnya dalam mengetahui ahli waris dan bagiannya masing-masing.


Bisa di download di bawah ini

solidfiles atau melalui Media Fire



cara mendownloadnya silahkan baca di sini

Jika ada masalah/link tidak bisa dibuka silahkan baca di sini

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentarlah dengan baik dan bijak,
Anda sopan kami segan.
Jika ada link yang rusak, tolong bertiahu kami.
Terima Kasih.

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com