-->

Sunday, May 1, 2011

Siapa Temanmu, Itulah Kamu!

Saudaraku……

Setiap manusia pastilah membutuhkan teman dalm kehidupannya. Terlebih lagi ketika dia berada di negeri asing, jauh meninggalakn sanak saudaranya dan kampong halamannya. Maka keberadaan seorang teman terasa sangat bermakna dalm kehidupannya.

Penahkah anda membayangkan kehidupan tanpa seorang teman?

Namun meskipun demikian saudaraku, hendakalah kita hati-hati memilih teman pergaulan. Karena teman pergaulan kita sesungghnya banyak mempengaruhi prilaku kita. Bahkan dapat kita katakana bahwa baik buruknya perilaku kita, banyak ditentukan oleh teman-teman pergaulan kita.


Hal ini bukanlah teori baru, sejak dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam sudah menasihatkan kita untuk berhati-hati memilih teman pergaulan. Beliau mengumpamakan teman yang baik seperti penjual minyak wangi, yang kalau kita berteman dengannya paling tidak kita akan mendapatkan wanginya walaupun kita tidak membelinya. Sedangkan teman yang buruk beliau umpamakan seperti pandai besi, yang jika kita berteman padanay kalau tidak terbakar, minimal akan terkena percikan apinya. (Muttafaq ‘Alaih)

Bahkan semakin dewasa seseorang, semakin besar pengaruh teman temannya membekas dalam dirinya, lebih dari pengaruh orang tuanya, gurnuya atau sanak saudaranya. Sehunga banyak kita dapatkan dalam kenyataan seseorang yang menjadi baik atau buruk karena pada awalnya terpengaruh oleh temannya.

Maka tepatlah kata seorang penyair :

Tentang seseorang, jangan kamu tanya siapa dia

Tanyalah siapa temannya. Karena seseorang akan mengikuti tingkah polah temannya.

Saudaraku, sekali lagi, berhati-hatilah memilih teman. Jangan sampai kita menyesal ketika segala sesuatunya telah terlambat. Sebab di akhirat nanti banyak orang-orang yan menyesal karena salah memilih teman, sehingga –saat itu- mereka berangan-angan seandainya di dunia dahulu dia tidak memilihnya sebagai teman dekatnya.


ياويلتى ليتني لم أتخذ فلانا خليلا ( الفرقان: 28 )

“kecelakaan besarlah bagiku; seandainya saja (dahulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku)” (QS. Al-Furqan : 28)

Karena itu carilah teman yang yang mendorong kita untuk kebaikan, mengajak kita [pada ketaatan serta akhlak mulia. Insya Allah, dengan niat yang ikhlas, kita akan mudah mendapatkan teman seperti ini dan akan dijauhkan dari teman yang buruk dan merusak kehidupan kita.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentarlah dengan baik dan bijak,
Anda sopan kami segan.
Jika ada link yang rusak, tolong bertiahu kami.
Terima Kasih.

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com