-->

Saturday, December 22, 2012

SUARA HATI UNTUK PARA PENUNTUT ILMU
Oleh :
Al-Ustadz Abu Muslim Majdi bin Abdul Wahhab al-Ahmad
(Murid Fadhilatus Syaikh Ali Hasan al-Halabi)*
Inilah nasehat dari hati ke hati, dari hati yang penuh dengan kesedihan dikarenakan fenomena permusuhan, perdebatan, celaan dan saling menghajr di antara para penuntut ilmu. Dari hati yang penuh dengan kepedihan dikarenakan perpecahan, perselisihan dan pertikaian. Dari hati yang sakit dikarenakan banyaknya orang yang ragu dan bimbang di dalam mencari kebenaran beserta para penegaknya. Kepada hati yang memahami kata-kata ini. Kepada hati yang senantiasa berbaik sangka. Kepada hati yang merasa sakit terhadap fenomena yang menimpa para penuntut ilmu.


Ini semuanya … Bertujuan agar kita mempersatukan barisan dan kalimat sesuai dengan bimbingan kitab Rabb kita Azza wa Jalla dan Sunnah Nabi kita Shallallahu ‘alaihi wa Sallam serta manhaj para salaf kita yang shalih Ridhwanhullahu ‘alaihi ajma’in…

Tentang Niat 
Ali bin Fudhail berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku, betapa manisnya perkataan para Sahabat Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.” 
Ayahnya berkata, “Wahai anakku, apakah kamu mengetahui apakah yang menyebabkan perkataan mereka menjadi manis?” 
Ali menjawab, “Tidak wahai ayahku.” 
Ayahnya  berkata,  “Karena  dengan  perkataan  tersebut  mereka menginginkan Allah.”
Abdullah bin Muhammad bin Munazzil bercerita, bahwa Hamdun bin Ahmad pernah ditanya : “Kenapa perkataan salaf lebih bermanfaat daripada perkataan kita?” 
Hamdun menjawab, “Karena mereka berbicara  demi  kemuliaan Islam, kesematan jiwa-jiwa  dan keridhaan ar-Rahman. Sedangkan kita berbicara demi kemuliaan diri sendiri, mencari dunia dan ketenaran di hadapan manusia.” 

Tentang Nasehat Menasehati 
Rasulullah  Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  bersabda : “Agama  itu nasehat”, kami  bertanya, “untuk  siapa?”  Rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab : “Untuk Allah, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Nya, para  pemimpin  kaum  muslimin  dan  kaum  muslimin  secara umum.” (HR Bukhari, no. 55). 
Di antara hal yang paling berharga  yang  saya  peroleh  dari  guru saya yang mulia, Ali bin Hasan bin Abdul Hamid al-Halabi al-Atsari,- semoga  Allah  menjaga  dan  meluruskan  langkah  beliau-,  beliau berkata  kepadaku : “Wahai  saudaraku,   jika  kamu  melihat kesalahan padaku, maka wajib bagimu untuk menegur kesalahanku tersebut. Jika hal itu salah, maka  saya  pasti  akan  bertaubat. Jika saya nilai teguranmu salah,  niscaya saya akan menjelaskan yang benar…
Kemudian  wahai  saudaraku,  janganlah  kamu  sembunyikan  apa yang kamu lihat di dalam hatimu, padahal hal itu kamu nilai sebagai suatu kesalahan. Saya adalah seorang manusia yang bisa salah dan akan  salah serta bersalah. Jika  kamu  tinggalkan  teguran,  niscaya akan bertumpuk kesalahan-kesalahanku  sampai  menjadi  suatu kebencian  antara  diriku  dan dirimu, dan  ini  adalah  perkara  yang saya tidak menyukainya dan tidak menginginkannya.”
Tentang Menetapi Kejujuran 
Rasulullah Shallallahu  ‘alaihi  wa  Sallam  bersabda : “Wajib atas kalian untuk berpegang teguh dengan kejujuran, karena sesungguhnya  kejujuran  itu  akan  membawa  kepada  kebaikan  dan kebaikan  itu  akan  membawa  kepada  surga, dan seorang yang senantiasa jujur dan menetapi  kejujuran, niscaya  akan  dicatat  di sisi  Allah  sebagai  seorang yang amat jujur. Dan berhati-hatilah kalian dari berdusta, karena sesungguhnya  kedustaan itu akan membawa kepada kejahatan dan kejahatan akan membawa kepada neraka, dan  seorang  yang senantiasa berdusta dan berpegang teguh dengan kedustaan  niscaya  akan  dicatat  di sisi  Allah sebagai seorang  pendusta.”  (HR  Muslim,  no.  2607,  105  dan  ini  lafazhnya dan juga oleh al-Bukhari no. 6094). 
Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta.” (QS Al-Mukmin : 28)
Allah berfirman : “Dan sesungguhnnya telah merugi orang-orang yang mengada-adakan kedustaan.” (QS Thoha : 61). 
Allah  berfirman : “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, pengelihatan dan hati, semuanya itu  akan  dimintai pertanggungan jawabnya.” (QS al-Isra’ : 36). 

Tentang Hasad dan Pelakunya 
Sangat disayangkan, ada di antara para penuntut ilmu  syar’i  yang memiliki sifat  hasad. Dan sangat  disayangkan lagi, orang tersebut ketika  dia  berusaha menghilangkan nikmat dari orang yang  dia hasadi, dia menjadikan sifat hasadnya itu berkedok agama seolah-olah untuk mendekatkan diri kepada Allah  Subhanahu  wa  Ta’ala, dengan tujuan agar nampak di hadapan  masyarakat, bahwa tujuannya adalah  demi  menjaga dan melindungi Islam dan kaum muslimin. 
Rasulullah Shallallahu  ‘alaihi wa  Sallam bersabda : “Berhati-hatilah kalian dari berprasangka, karena sesungguhnya prasangka itu adalah  perkataan yang paling  dusta. Janganlah kalian saling berbuat najasy.  Janganlah kalian saling  berlaku  hasad  dan  saling membenci serta mengunggulkan diri. Akan  tetapi  jadilah  kalian hamba-hamba yang bersaudara.” (HR al-Bukhari). 

Tentang Fitnah 
Betapa banyak orang yang tenggelam di dalam fitnah, bahkan betapa  banyak  para pemicu fitnah!!! Allah Ta’ala  berfirman  : “Dan peliharalah  dirimu  dari  pada  siksaan  yang  tidak  khusus  menimpa orang-orang  yang zalim saja di antara kamu. dan  Ketahuilah  bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (QS al-Anfaal : 25) 
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam  bersabda : “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu  dari kembali kepada kekufuran (murtad) atau terfitnah dalam urusan agama kami.” (HR al-Bukhari no. 6593 dan Muslim, no. 2293).

Tentang Perpecahan dan Perselisihan 
Allah Ta’ala berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Dan berpeganglah  kamu  semuanya  kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan  ingatlah  akan nikmat Allah kepadamu  ketika  kamu  dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah  mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu Karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu Telah berada di tepi  jurang  neraka, lalu Allah  menyelamatkan  kamu  dari  padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat  petunjuk. Dan  hendaklah  ada  di  antara  kamu  segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan  mencegah  dari yang munkar,  merekalah  orang-orang  yang beruntung. Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang  yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. mereka Itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat, Pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada  pula muka yang hitam muram. adapun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka  dikatakan): "Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah  azab disebabkan kekafiranmu itu".” (QS Ali Imran : 102-106) 
Dan Allah berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agama-Nya dan mereka  menjadi  bergolongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu kepada mereka. Sesungguhnya urusan mereka  hanyalah terserah kepada Allah, Kemudian  Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang Telah  mereka perbuat.” (QS al-An’am : 159) 
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata : “Perselisihan itu tercela dari dua sisi, terkadang sebabnya adalah niat yang jelek dikarenakan di dalam jiwanya ada kezhaliman, hasad dan keinginan menjadi  terkemuka di muka bumi dengan cara yang buruk atau yang semisal dengannya, maka hal ini akan  menjadikannya senantiasa mencela perkataan dan perbuatan orang lain, atau berusaha mengalahkannya dengan tujuan tampil beda, atau senang terhadap perkataan yang sesuai dengannya, baik karena senasab, semadzhab atau nepotisme dan yang semisalnya. Dikarenakan hal itu akan menjadikannya dihormati dan mendapatkan kepemimpinan. Dan betapa banyaknya hal ini terjadi di antara bani Adam. Ini  merupakan  suatu kezhaliman yang terkadang juga sebabnya adalah kebodohan kedua belah fihak yang berselisih tentang hakekat permasalahan yang mereka  perselisihkan. Atau kebodohan tentang dalil yang bisa memuaskan fihak yang lain atau kebodohan salah satu fihak akan  kebenaran yang ada di fihak lain, baik  dari  segi  hukum  ataupun dalilnya, atau  tidak  tahu siapa orangnya yang bisa menunjukkan kebenaran baik dari segi  hukum maupun dalilnya.” 
Berusaha Keras Untuk Memasukkan Manusia ke Dalam Manhaj Yang Benar, Bukan Malah  Mengeluarkan Mereka Darinya
Wajib bagi para penuntut ilmu untuk berusaha keras memasukkan dan membimbing manusia agar masuk  ke  dalam manhaj yang benar, bukannya malah menjadikan mereka menjauh atau bahkan mengusir mereka dengan alasan demi menjaga manhaj dari orang-orang yang memiliki syubhat-syubhat. 
Subhanallah!!! Seakan-akan mereka telah bersih dari berbagai syubuhat dan mencapai derajat para Malaikat dan Nabi. 
Wahai pemilik propaganda  ini, wajib bagi kalian mengoreksi diri kalian terlebih dahulu, dan jika kalian bisa memperbaiki kesalahan dan  syubhat  yang  menimpa  saudara-saudara kalian, maka lakukanlah tanpa  menjadikan mereka keluar atau terusir  –seperti yang dilakukan  kaum  hizbiyun. Jika kalian tidak bisa  melakukan itu, maka tinggalkanlah mereka untuk dinasehati oleh orang-orang yang berpengaruh terhadap mereka dan mampu mengobati mereka dengan cara yang lebih baik dan lurus. 

Menggelari Manusia Dengan Gelar-Gelar Khusus Bagi Ahli Bid’ah 
Sangat disayangkan, sebagian pemuda kita memilih metode menggelari manusia dengan gelar-gelar yang  tidak pantas, sehingga mereka akan lari menjauh. 
Tindakan ini sangat mirip dengan orang-orang yang berpemikiran takfir, Anda akan mendapati di antara mereka ada seseorang yang tidak duduk di dalam suatu majlis melainkan membicarakan masalah takfir, si A kafir, pro ini kafir, umat ini kafir dan seterusnya… sampai-sampai ia menilai semua orang kafir kecuali dirinya dan orang-orang yang mendukungnya.
Begitulah para  pemuda –semoga Allah Azza wa Jalla memberikan petunjuk kepada mereka-, mereka  tidaklah duduk di suatu majlis melainkan mengatakan Qutbi, Sururi dan ini termasuk ahlul bid’ah dan ini ahlul ahwa’, yang ini sesat menyesatkan dan yang ini dianggap seperti mencela, dan ini… sampai dia berpendapat tiada seorangpun yang berada di atas manhaj yang benar kecuali dirinya dan yang mendukungnya, sedangkan yang lainnya menyimpang dan sesat….
Allah Ta’ala berfirman : “(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja, padahal dia pada sisi Allah adalah besar.”
(QS an-Nuur : 15).
_____________________________________________
* Dialihbahasakan oleh Abu Khadijah Imam Wahyudi, Lc. dari Majalah al-Asholah, th. VIII, edisi  ke-42
 Dengan  perantaraan  tulisan  saudaraku  Muhammad  bin  Isa  hafizhahullahu  yang  berjudul Saba’ik adz-Dzahab fi Bayani Ushuli ath-Tholab.
 Hendaklah  sang  pemberi  nasehat  memperhatikan  perkataan  ini, karena betapa banyak  pemberi  nasehat yang menyangka telah  melakukan  hal  yang  benar  dalam  nasehatnya.  Sehingga  apabila  yang  dinasehati   belum  menerima  nasehatnya, segera  dia  marah  dan mengambi l berbagai sika  dan reaksi. Akan tetapi seyogyanya bagi orang yang dinasehati, menjelaskan  kepada sang  pemberi  nasehat  sisi kebenaran yang ia yakini, dan tidak boleh meninggalkan  sang  pemberi  nasehat  dengan  tetap menyalahkannya.  Karena  hal  ini  dapat menimbulkan  perasaan  tidak  enak,  benci  dan  permusuhan.  Wajib  bagi  manusia untuk memahami tabiat dan kepribadian masing-masing, karena mereka bukanlah malaikat, bukan nabi, maka daripada itu hendaklah mereka tidak menuntut agar tidak mendapati kesalahan dan  kekhilafan  saudara-saudara  mereka,  yang  mana  pada  kenyataannya  mereka  akan mendapat begitu banyak kesalahan dan kekhilafan.
 Menaikkan harga karena bukan ingin membeli, namun untuk meni pu orang lain.
 Hisablah dulu diri kalian sebelum kalian dihisab.
 meskipun sebagian mereka mengaku sebagai salafi yun.
 meskipun  ada  perbedaan  tingkatan  peberian  gelar-gelar  buruk,  karena  gelar-gelar  yang digunakan  para  pemuda  tersebut tidak  sampai  kepada pengkafiran. Adapun  yang  lainnya sampai kepada kafir.
 Sungguh saya telah bertemu dengan salah seorang diantara  mereka dan terjadi diskusi di antara kami. Di dalam diskusi tersebut ia berkata, “kaum mus limin di  Mauritania jumlahnya 5 % saja sedagnkan yang lainnya kafir.” Kami berlindung –kepada Allah- dari pemikiran ini.
 Meskipun saya berkeyakinan bahwa pemikiran Sayyid Quthb dan Muhammad Surur adalah pemikiran yang batil dan wajib ditahdzir, akan tetapi jika gelar-gelar tersebut dituduhkan kepada ahli haq dikarenakan beberapa kesalahan yang mereka terjatuh ke dalamnya, maka demi Allah, ini lah seburuk-buruk kejelekan, dan kami berlindung dari perbuatan tersebut.
 Mereka biasa menuduh seseorang dengan tuduhan sururi atau quthbi dengan didasari oleh tuduhan belaka, artinya bukti yang mereka kemukakan pada hakekatnya adalah dalih bukanlah dalil.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentarlah dengan baik dan bijak,
Anda sopan kami segan.
Jika ada link yang rusak, tolong bertiahu kami.
Terima Kasih.

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com